Cara Mengkonversi atau Transfer VHS ke DVD

By on March 23, 2013

VHS atau Video Home System adalah rekaman video berbasis analog menggunakan kaset standar yang dikembangkan oleh Victor Company dari Japan (JVC). Sebelum adanya DVD, VHS menjadi sangat populer pada jamannya di kalangan konsumen, dan kini telah dikembangkan menjadi populer sebagai DVD dan jenis lainnya.

Memiliki VHS pada saat ini tentu merupakan hal yang sedikit aneh dimana jaman teknologi saat ini telah berkembang dengan menggunakan VCD, DVD dan jenis terbaru lainnya. Jika Anda masih mempunyai VHS dan masih tetap ingin menonton video yang ada pada kaset tersebut, jangan takut, Anda masih bisa menonton video VHS dengan cara transfer VHS ke DVD.

Berikut bagaimana cara mengkonversi atau transfer VHS ke DVD dengan tiga langkah mudah

Langkah Pertama: Peralatan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah memiliki alat-alat yang diperlukan, kaset VHS yang masih dalam keadaan baik kondisinya (tidak rusak), DVD kosong, VCR player, televisi dan DVD recorder. Jika Anda ingin juga mengedit video, maka Anda akan memerlukan perangkat yang dapat menangkap video dan akses ke komputer.

Langkah Kedua: Uji Peralatan

Perlu Anda ketahui bahwa, jika kaset VHS sudah lama tidak digunakan, maka kemungkinan tidak dapat langsung bekerja dengan baik.

Cara mudah dan tercepat untuk transfer VHS ke DVD adalah hanya dengan menghubungkan output dari VCR ke input dari DVD recorder. Namun tidak ada salahnya Anda mencobanya terlebih dahulu, mungkin dengan menggunakan VHS yang rusak untuk memastikan semua berjalan dengan lancar.

Langkah Ketiga: Tentukan bagaimana Anda ingin merekam

grey

Jika Anda hanya memiliki satu kaset VHS yang ingin Anda transfer ke DVD, maka cara termudah dan paling sederhana adalah seperti yang disebutkan diatas tadi, yaitu dengan menghubungkan output dan input. Namun, jika memiliki lebih dari satu kaset VHS yang Anda ingin ke DVD yang sama, maka Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Namun jika Anda tidak keberatan video yang Anda buat akan muncul secara terpisah pada DVD (mirip dengan bab dalam sebuah film) Anda dapat mengikuti metode yang disebutkan diatas tadi.

Disisi lain jika Anda masih ingin mengedit video Anda tadi, maka Anda akan memerlukan perangkat video capture lain. Di sisi lain, mengedit video yang telah Anda transfer tadi, akan memerlukan perangkat video capture-gantinya. Perangkat tersebut memungkinkan Anda menyalin video ke komputer sehingga dapat diedit. Dari komputer kemudian dapat ditransfer ke DVD.

Transfer VHS ke DVD terkadang tidak berjalan dengan baik, biasanya karena kualitas VHS itu sendiri yang sudah lama dan jarang digunakan. Namun transfer VHS ke DVD kebanyakan juga berhasil jika mengikuti langkahnya dengan tepat serta semua peralatan yang digunakan dalam kondisi baik.

About Arthani Qylovia

Teknologi dan informasi sangat menarik perhatiannya. Selain menjalani kesehariannya sebagai seorang karyawan swasta, Ia juga menggunakan waktu luangnya untuk menuangkan hobi membaca dan menulis/membuat artikel situs ini. Memberikan informasi menarik yang tepat serta bermanfaat bagi banyak orang adalah merupakan satu kebanggaan sendiri. Semoga situs ini informatif dan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi. Follow me: Twitter, Be Our Friend: Facebook, Google+: Qylovia, Pinterest: Qylovia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>